Akun Facebook Di Retas? Berikut Langkah Memulihkannya !

Apakah anda merasa bahwa akun Facebook anda di retas ? apakah anda melihat ada pesan yang terkirim yang sebelumnya anda tidak pernah merasa menulisnya ? tiba-tiba teman bertambah atau berkurang yang mana sebelumnya tidak pernah anda merasa mengajukan permintaan pertemanan atau menghapusnya ?

Bila itu terjadi, mungkin saatnya anda perlu waspada. Bisa saja akun anda di retas. Bisa saja sandi yang anda gunakan telah di ketahui oleh orang lain. Yang memungkinkan mereka masuk ke akun Facebook anda.

Sampai di sini, anda tidak perlu khawatir, karena pada artikel ini. Kalian akan berusaha untuk mengembalikan akun Facebook anda yang di hack orang lain. Dan berusaha, mencegah hal itu terjadi di masa mendatang !

Tanda-tanda akun Facebook di Retas

Bila akun Facebook sedang di gunakan oleh orang lain, maka itu memungkinkan mereka menggunakan akun kita seperti layaknya kita untuk berkomentar, like dan memposting sesuatu di beranda maupun di grup Facebook.

Beberapa tanda yang bisa kita kenali, bahwa akun kita sedang di gunakan oleh orang lain adalah :

  • Ada postingan yang tidak kita kenali,
  • Tiba-tiba teman bertambah atau berkurang tanpa merasa pernah mengajukan permintaan atau menghapus teman,
  • Postingan pembaharuan
  • Nama tampilan, foto serta no kontak yang berganti,

Jika salah satu di antara 4 itu terjadi maka besar kemungkinan ada yang mengetahui data login kita. Misalnya email serta password.

Mengapa Akun Bisa di retas ?

Ada beberapa sebab mengapa seseorang bisa kehilangan akun facebooknya : biasanya sering terjadi adalah mengklik sembarang link yang ada di internet, yang mana link tersebut mengiming-imingi sesuatu seperti download, hadiah, diamond game dan lainnya. Yang mana menganjurkan kita untuk menginputkan user dan password pada halaman login yang di klik tersebut.

Selain itu, mungkin kita telah mengaktifkan atau mencentang ‘Jangan tanya lagi pada perangkat ini’. Bila itu terjadi, maka anda tidak perlu memasukkan data login pada perangkat itu ketika menggunakan Facebook.

Jadi ketika ada orang lain, yang mengakses Facebook pada perangkat itu, maka otomatis ia akan masuk ke akun kita.

Cara Mengembalikan Akun Facebook Yang Di Retas

Facebook memiliki fitur untuk bagaimana kita melakukan upaya apabila akun kita di retas. Namun, upaya ini perlu di lakukan dengan hati-hati dan benar. Sesuai tahap yang nantinya akan di temui. Hal ini untuk membuktikan bahwa benar yang mengajukan permintaan perubahan kata sandi adalah benar pemilik akun.

1. Laporkan Akun

Segera laporkan kejadian mencurigakan ini ke Facebook. Buka halaman laporkan akun sedang di susupi. Nanti kita akan di arahkan pada halaman untuk memasukkan email serta nomor telepon untuk akun yang di curigai itu.

Setelah memasukkan alamat email atau no telepon. Kita akan di tampilkan pilihan untuk mengonfirmasi aktifitas mencurigakan itu.

Pilih salah satu, dan klik Continue

Selanjutnya kita akan di arahkan pada halaman di mana kita perlu memasukkan user serta password sekarang atau yang lama.

Nanti akan ada pertanyaan dari FB, apakah benar kita yang mengajukan permintaan ini.

Facebook akan melihat aktivitas terbaru kita sebelum mengizinkan di lakukan perubahan kata sandi.

Ini termasuk memeriksa nama pengguna, kata sandi, kiriman terbaru, metode pembayaran yang ditambahkan ke akun Anda, daftar teman dan lainnya.

2. Ubah pengaturan keamanan Facebook

Pada pengaturan keamanan, kita bisa melihat berapa banyak perangkat yang saat ini akun Facebook kita login di sana.

Kita dapat memeriksa ini dengan cara, pergi ke menu ‘Pengaturan’ lalu buka ‘Keamanan dan masuk’

Nantinya kita akan melihat perangkat dan kapan mereka login menggunakan akun Facebook kita.

Bila tidak di kenali, kita bisa langsung klik titik tiga yang ada di sebalah kanan perangkat, lalu pilih hapus agar akun keluar dari perangkat tersebut.

Setelah itu, kita bisa beralih ke kata sandi untuk mengubahnya.

Menjaga Keamanan Akun Facebook

Selanjutnya, kita bisa melakukan pecegahan untuk menjaga akun Facebook kita agar tidak di retas lagi ke depannya. Caranya dengan menambahkan otentikasi 2 faktor saat akan login ke Facebook. Ini, mungkin sedikit merepotkan. Misalnya saja kode konfirmasi Facebook yang tidak masuk ke ponsel saya.

Nah, untuk menjaga akun kita kedepannya. Kita bisa menggunakan otentikasi 2 faktor, atau generator kode unik yang di minta ketika tiap kali ada upaya login dari perangkat yang tidak di kenal. Kita juga bisa menggunakan Google Autenticator.

Itulah cara memulihkan atau mengembalikan akun Facebook yang di retas. Poin pentingnya ada pada proses verifikasi Facebook saat kita mengajukan pemulihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.